post

Jika Anda berpikir untuk belajar bahasa baru, bahasa Jerman bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Mungkin tidak pernah terlintas di pikiran Anda bahwa bahasa Jerman adalah bahasa yang menarik untuk Anda kuasai, namun dengarkanlah saya... Meskipun bahasa Jerman tidak memiliki daya tarik romantis seperti halnya bahasa Perancis, atau dianggap sebagai aset bisnis seperti halnya bahasa Mandarin, bahasa Jerman menang telak setelah Anda mulai mempertimbangkan kekuatan lainnya.

Jika Anda khawatir bahwa saya akan berkata bahwa Anda harus belajar bahasa Jerman karena 120 juta penutur asli di seluruh penjuru dunia, jangan takut. Berikut ini saya membahas lima alasan paling menarik mengapa bahasa Jerman harus menempati posisi yang membanggakan dalam daftar keterampilan Anda.

  1. Bahasa Jerman memiliki warisan budaya yang sangat besar

Anda tidak dapat memungkiri kenyataan bahwa sebagian besar prestasi paling mengesankan dunia pertama kali digagas dalam bahasa Jerman.

Segala sesuatu mulai dari musik hingga ilmu pengetahuan dan kesusasteraan sampai opera berakar kuat dalam bahasa kaya dan fleksibel ini. Secara musikal, bahasa Jerman bisa mengklaim sebagian besar karya klasik yang hebat, termasuk Beethoven, Bach, Handel, Mozart dan Brahms. Vienna, ibukota Austria dan kota yang benar-benar berbahasa Jerman, telah lama dianggap sebagai pusat musik dunia.

Di bidang ilmu pengetahuan, terdapat ilmuwan paling terkenal yang pernah hidup, Einstein, namun juga para ilmuwan kontemporer yang memberikan sumbangsih besar terhadap kehidupan masa kini. Sebagai contoh, seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman baru-baru ini berhasil menemukan unsur-unsur terbaru pada Tabel Periodik.

Anda tidak akan pernah kehabisan bahan bacaan dalam bahasa Jerman, terutama jika Anda menyukai karya sastra yang dalam dan filosofis: Goethe, Grimm Bersaudara, Hermann Hesse, Ernst Jünger dan Patrick Süskind hanyalah segelintir nama yang dapat Anda nikmati.

  1. Bahasa Jerman adalah bahasa yang sangat khas

Meskipun ada beberapa bahasa yang memiliki akar Jermanik, tidak satu pun yang cukup khas sebagaimana bahasa Jerman itu sendiri. Salah satu alasan utamanya adalah penggunaan umum kata-kata majemuk yang sangat panjang dalam bahasa tersebut.

Hari ini, kata majemuk terpanjang adalah 'rindfleischetikettierungsüberwachungsaufgabenübertragungsgesetz', sepanjang 64 karakter - yang terjemahan bahasa Indonesianya adalah "hukum penyerahan tugas pengawasan pelabelan daging sapi". (Jika Anda bertanya-tanya, 'Rind fleisch' berarti daging sapi, 'etikettierungs' berarti pelabelan, 'Überwachungs' berarti pengawasan, 'aufgaben' berarti tugas, 'Übertragung' berarti penyerahan dan 'gesetz' berarti hukum). Coba selipkan hal tersebut kedalam percakapan!

Bahasa Jerman adalah bahasa hidup, dan sebagai salah satu dari satu-satunya bahasa di dunia yang memungkinkan adanya kata-kata majemuk yang teramat panjang, siapa pun pasti menebak-nebak pesaing berikutnya yang berhak merebut gelar kehormatan sebagai Kata Bahasa Jerman Terpanjang.

  1. Bahasa Jerman mengalahkan bahasa lainnya secara online

Internet menawarkan banyak hal kepada penutur bahasa Jerman yang fasih. Setelah domain .com, situs web berakhiran .de (padanan Jerman untuk .co.uk) adalah yang terbanyak. Malahan, oleh karena .com tidak benar-benar 'milik' satu negara (meskipun .com jelas-jelas merupakan domain tanda Amerika), hal tersebut menjadikan Jerman sebagai negara dengan jumlah domain nasional terbesar.

Bayangkan apa yang bisa Anda temukan pada jutaan domain baru yang tiba-tiba tersedia bagi Anda! Untuk memberikan gambaran tentang seberapa jauh .de, pesaing terdekatnya adalah .co.uk dengan hanya tiga puluh jutaan situs web yang bisa diklaimnya. Selain itu, nama domain bahasa Jerman juga lebih populer daripada ektensi .net, .org dan .info.

  1. Bahasa Jerman mudah dipelajari

Yah, mungkin tidak mudah, namun untuk penutur bahasa Inggris, bahasa Jerman seringkali mudah dikuasai. Hal ini terjadi karena kedua bahasa memiliki akar Jermanik yang sama. Sebagai perbandingan, bahasa Perancis, bahasa Italia dan bahasa Spanyol dikenal sebagai bahasa Roman dan mekanismenya sangat berbeda dibandingkan dengan bahasa Inggris, yang menjadikannya lebih sulit dipelajari.

Sekedar informasi, 40% kata-kata dalam bahasa Jerman mirip dengan padanannya dalam bahasa Inggris dari segi bunyi. Jadi, sebagai contoh, 'bruder' dan 'vater', yang berarti 'brother' dan 'father' atau 'saudara laki-laki' dan 'ayah', lebih mudah dikenali daripada padanannya dalam bahasa Perancis yaitu 'père' dan 'frère'.

Sementara kita membahas pembelajaran bahasa, menguasai bahasa Jerman juga akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Menurut Perhimpunan Guru Amerika di Jerman, "keterampilan kosakata dalam bahasa Inggris, pemahaman lebih baik tentang bahasa Inggris itu sendiri, peningkatan melek huruf, prestasi membaca yang lebih tinggi serta peningkatan keterampilan mendengarkan dan ingatan telah terbukti menunjukkan keterkaitan dengan studi bahasa Jerman".

  1. Anda akan selalu punya teman berbicara

Penutur bahasa Jerman adalah sebagian dari orang-orang yang paling banyak bepergian di dunia. Kemanapun Anda pergi, Anda akan menjumpai turis berbahasa Jerman untuk diajak mengobrol.

Terutama, orang-orang Jerman sendiri yang benar-benar tahu cara bepergian: dengan sekitar 6 minggu cuti tahunan dan banyaknya pendapatan siap pakai, mereka punya waktu dan sarana untuk mengunjungi penjuru dunia paling terpencil sekalipun. Orang Jerman menghabiskan lebih banyak uang untuk bepergian keluar negeri daripada orang dari negara lain; mereka telah menghabiskan puluhan miliar Euro untuk perjalanan internasional!

Anindyatrans adalah kantor jasa penerjemah tersumpah yang dapat menerjemahkan berbagai bahasa asing seperti bahasa Jerman, Belanda, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol, Italia, Portugis, Jepang, Korea, Mandarin, Malaysia, dll. Anda bisa menghubungi di nomor 081310304594 Anindyatrans Kantor Penerjemah Tersumpah.